Gratis Ongkir PEKANBARU ~ Admin : 08117697700 ~ Cash On Delivery Available

Madu adalah salah satu jenis makanan yang lezat dan bernutrisi tinggi. Bahan bertekstur kental berwarna keemasan ini mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh kita, seperti vitamin A, B, dan C, asam amino, serta berbagai mineral seperti magnesium, zinc, zat besi, dan lain-lain. Itulah sebabnya pemanis alami yang dikumpulkan oleh lebah ini dapat berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi (mencegah radang dan borok), bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa madu mentah yang mengandung propolis juga dapat berfungsi sebagai antikanker dan antijamur.

Sebagian orang memilih untuk mengonsumsi madu dengan cara menyuapkannya langsung ke mulut tanpa campuran apapun. Sebagian lagi memilih untuk mencampurkannya ke dalam minuman, baik itu minuman hangat seperti teh madu, maupun minuman segar dingin seperti minuman madu sereh. Tetapi madu juga dapat menaikkan level menu sarapan pagi biasa menjadi lebih tinggi, yaitu dengan menuangkannya ke atas berbagai menu sarapan praktis seperti yang akan dibahas berikut ini.

  1. Roti Kacang Madu

Roti lapis merupakan sarapan paling praktis dan standar karena seringkali bahkan tidak membutuhkan peralatan masak apapun selain pisau roti. Cukup dengan mengoleskan selai kacang di atas selembar roti, kemudian tuangkan madu di atasnya. Roti kacang madu siap untuk dinikmati.

  1. Pancake Madu

Aduk rata 5 sdm munjung tepung terigu (boleh protein tinggi atau sedang), 1 sdm gula pasir, 3 sdm kental manis, 1 sdt baking powder, ¼ sdt ragi (boleh diskip jika tidak ada), sejumput garam, dan 5 sdm air hangat. Diamkan selama 15 menit. Panaskan Teflon dengan api kecil, panggang sesuai takaran yang disukai (bisa menghasilkan 1 pancake besar hingga 4 pancake mini). Tata di piring ceper, tuangi madu sesuai selera.

  1. Godok Pisang Madu

Ada stok pisang yang sudah terlalu matang? Buat saja menjadi godok. Caranya gampang! Ambil dua buah pisang besar atau 4 buah pisang kecil, lumatkan dengan garpu di dalam mangkok. Di mangkok kecil campurkan 2 sdm munjung terigu, ½ sdt garam, dan 1 sdt baking powder, aduk rata dengan 6 sdm air hingga membentuk pasta, kemudian campurkan dengan lumatan pisang. Tuangkan 5 sdm minyak goreng atau margarin ke dalam Teflon, kemudian panaskan dengan api sedang. Panggang adonan dengan ukuran sesuai selera, ratakan agar agak tipis melebar. Tata di piring ceper dan tuangi dengan madu sesuai selera.

  1. Oatmeal Madu

Oatmeal adalah salah satu sarapan bergizi yang baik untuk kesehatan jantung karena mampu menyerap kolesterol. Masukkan segelas kecil oatmeal ke dalam panci bersama satu setengah gelas (yang sama) susu (dapat diganti dengan susu kedelai). Bubuhi dengan bubuk kayu manis  sesuai selera (boleh diskip) dan sejumput garam. Masak dengan api kecil hingga mencapai kekentalan yang disukai. Hidangkan di mangkok dan sirami dengan madu.

  1. Salad Buah Madu

Menu ini cocok untuk menghabiskan stok berbagai buah-buahan dalam kulkas. Kupas dan potong dadu buah-buahan yang ada seperti apel, pir, semangka, buah naga, papaya, dan lain-lainnya, kemudian masukkan ke mangkok. Jika menyukai salad buah yang segar dengan rasa asam manis, tuangi dengan perasan lemon atau jeruk nipis sebelum disirami madu. Jika menyukai salad buah yang manis dan gurih, tuangi buah dengan susu evaporasi (susu kental) atau krem kental manis, baru kemudian disirami madu. Sebaiknya jangan mencampurkan kedua menu ini, karena jeruk dengan susu bukan pasangan yang sehat untuk dikonsumsi bersamaan.

 

Sumber : Madu Bertuah Pekanbaru

Leave a Reply